19.3.16

>> TIPS STANDAR RUMAH AMAN UNTUK BALITA ANDA


Kehadiran sang buah hati di dalam keluarga membawa kegembiraan sendiri untuk orang tua. Tapi menjelang bayi berusia 6 bulan dan sudah mulai bisa menggapai atau berdiri mengambil barang, sebaiknya Anda sebagai orang tua harus mulai waspada. Perabotan rumah yang tampaknya aman untuk kita ternyata bia jadi berbahaya untuk balita! Perhatikan beberapa hal berikut ini agar si kecil bisa aman bermain di dalam rumah.

1. Pagar pembatas
Untuk rumah bertingkat, penting untuk memasang pagar pembatas untuk mencegah balita naik turun tangga. Sebaiknya pagar pembatas diletakkan di atas dan dasar tangga. Pintu masuk ke dapur juga harus diberi pagar pembatas juga.

2. Penutup steker
Pasang penutup steker untuk menutupi peralatan elektronik di rumah. Penutup steker ini mencegah agar balita tak memasukkan jarinya ke dalam steker.

3. Pengaman siku
Meja, kursi, lemari dengan pojokan yang tajam harus ditutupi dengan pengaman siku sehingga lebih aman jika si kecil tak sengaja terbentur.

4. Pengaman laci
 Terutama pada laci yang menyimpan benda berbahaya seperti sabun pel, obat nyamuk, semuanya harus dikunci rapat.

5. Pengaman dispenser
 Gunakan pengaman dispensert berupa keran khusus yang memiliki kenop kecil untuk mencegah balita membuka sendiri saluran air panas.

6. Anti slip kamar mandi
Di area kamar mandi si kecil gunakan karpet anti selip sehingga tidak licin ketika digunakan.
Perhatikan juga jika Anda memiliki tanaman dalam rumah, jangan biarkan si kecil dekat-dekat tanaman lebih baik jika sementara tanaman ini dipindahkan ke luar rumah. Untuk selimut juga pilih yang tak terlalu tebal dan berat sehingga tak menindih si kecil ketika tidur, Untuk perabotan yang ringan perlu selalu diperhatikan agar si kecil tak menarik dan tertimpa perabotan.

Biarkan si kecil bereksplorasi sembari Anda melindunginya dengan mencegah kecelakaan kecil seperti terantuk, terjepit atau tertimpa perabotan. Selalu jaga dan lindungi anak Anda dengan cara mengawasinya terus.
( sumber )