25.3.16

>> TIPS MERANCANG KAMAR TIDUR ANAK BARU GEDE " ABG "

Usia 9-12 tahun dikategorikan sebagai usia pra-remaja atau yang populer dengan sebutan ABG (anak baru gede). Usia ini adalah usia transisi dari usia anak-anak yang senang bermain-main, menuju usia remaja yang lebih serius. Merancang kamar untuknya pun lebih sulit dibandingkan merancang kamar untuk anak-anak atau kamar dewasa. Hobi dan minatnya sudah terbentuk, namun sifat anak-anaknya belum hilang sepenuhnya.

Untuk mendapatkan kamar yang diinginkan, kita mesti menyesuaikan dengan minat, kegiatan, dan sifat para ABG in. Menurut L.E. Berk (dalam buku Infants, Children & Adolescents) di usia pra remaja ini anak-anak sudah mulai butuh privasi sendiri. Mereka juga mulai bersosialisasi sehingga sering membawa teman-temannya ke dalam kamar. Untuk kegiatan yang satu ini, Anda tentu harus menyediakan area khusus. Misalnya, tempat tidur yang lebih lebar, atau cukup dengan menyediakan karpet.

Di usia segini mereka juga senang-senangnya mengoleksi barang-barang seperti, boneka, foto-foto bersama teman-temannya, atau miniatur idolanya. Karenanya, rak untuk memajang benda-benda kesayangnya mutlak diperlukan.

Anak perempuan mulai menunjukkan sifat femininnya. Jadi, tak salah jika Anda memasukkan unsur-unsur feminin ke dalam kamar si gadis. Jangan lupa, mereka juga sudah mulai suka merias diri hingga butuh meja rias lengkap dengan cermin. Sedangkan yang laki-laki mulai tidak suka jika disamakan dengan anak perempuan. Anda bisa membedakan kamarnya dengan menggunakan tema olahraga, pahlawan atau tema maskulin lainnya.

Meskipun kamar tidur anak perempuan identik dengan warna merah muda yang melambangkan cinta, atau ungu yang misterius, atau kuning yang ceria, tapi tak ada salahnya jika Anda mencoba warna lainnya seperti warna krem yang dipadukan dengan warna terakota dan oranye sebagai aksen, walau semua warna-warna ini berkesan natural dan jauh dari kesan girlie. Agar kamar terlihat lebih feminin, Anda dapat menghadirkan ilustrasi bunga pada elemen-elemen kamar tidur, seperti pada lampu meja, karpet, atau bahkan dinding.
( referensi )