20.3.16

>> TIPS LAINTAI INDAH DENGAN GRANIT BUATAN


Granit buatan merupakan hasil pengembangan lapisan lantai dengan mereduksi kekurangan pada beberapa pelapis lantai seperti marmer, granit alami, dan keramik. Tampilannya alami seperti batu alam, namun kekuatannya lebih baik dan awet dibandingkan dengan batu alam atau ubin keramik (karena strukturnya solid). Instalasinya pun lebih hemat waktu karena ubin keramik harus direndam terlebih dahulu sebelum dipasang, sedangkan ubin granit buatan bisa langsung dipasang.

Pada prinsipnya, granit buatan diciptakan melalui pembuatan yang meniru proses terjadinya batu alam tapi dalam kurun waktu yang dipercepat. Bahan dasar yang digunakan pun sama seperti partikel penyusun batu alam. Seluruh partikel ini kemudian diproses dengan tekanan dan suhu yang tinggi. Sedangkan untuk mendapatkan permukaan yang rata, granit buatan yang sudah jadi kemudian digerus dengan mata berlian. Hasilnya, struktur dan wujud ubin ini menyerupai batuan granit.

Proses seperti itu menyebabkan seluruh bagian ubin granit buatan ini menjadi satu kesatuan (homogen, oleh sebab itu disebut homogeneous tile), tidak seperti keramik yang bagian teratasnya dilapis lagi oleh glasir. Pada satu keping ubin yang strukturnya homogen, semua susunan partikelnya sama dari lapisan bawah hingga yang teratas, bagian dalam maupun luar. Ini berarti bila terjadi goresan pada permukaan teratas, maka tidak akan merusak penampilan lantai secara keseluruhan.

Jika dibandingkan dengan granit alami atau marmer, perawatan granit buatan jauh lebuh mudah dan murah. Ini disebabkan karena pori-pori granit buatan sangat kecil. Alternatif motifnya pun lebih beragam karena wujud akhir ubin granit buatan tergantung dari pertikel penyusunnya. Selain iitu, keunggulan lain dari granit buatan membuat ubin ini bisa dipasang pada ruang-ruang heavy duty tapi tetap berpenampilan indah.

Ragam motif tiruan alam
Untuk memenuhi selera pasar, homogeneous tile sudah tersedia dalam berbagai motif. Karena merupakan tiruan batu yang ditambang di alam, motif-motifnya pun serupa dengan motif dari alam. Yang paling umum ditemui adalah yang menyerupai granit, berbintik-bintik kecil. Secara garis besar motif homogeneous tile dibedakan menjadi:

Granit, dimana memiliki ciri berupa corak bintik-bintik yang merata pada seluruh badannya. Sama seperti granit asli, terdapat 2 pilihan lagi, yaitu motif berbutiran besar dan berbintik kecil.
Marmer. Motif marmer yang berupa urat-urat juga bisa dibuat pada homogeneous tile. Cara pemberian motifnya ada yang di-print, ada juga yang merupakan hasil pencampuran bahan.
Mono colour. Sebenarnya tidak ada motif pada ubin jenis ini, karena ia hanya memiliki satu warna yang polos.
Rustic. Motif ini bisa dianggap meniru batu alam. Cirinya, motif ini lebih kasar dan tak beraturan.
Keragaman pilihan konsumen tidak hanya sampai di situ. permukaan homogeneous tile ada 3 macam.

Polished
Permukaannya halus licin karena dipoles. Pemolesan dilakukan dengan cara "menggaruk" permukaan ubin dengan intan sampai keluar kilapnya. Proses inilah yang menyebabkan harga ubin ini lebih mahal dibanding dengan ubin keramik biasa.

Unpolished
Artinya, permukaan ubin tidak mendapat perlakuan tambahan sehingga hasilnya tidak mengkilap

Rustic
Merupakan varian yang lebih kasar, bergelombang, serupa potongan batu alam asli. Ubin dengan permukaan rastik ini cocok digunakan di luar rumah, seperti teras atau carport.

Tip untuk merawat
Cara membersihkan lantai granit buatan terbilang mudah dan murah. Bila permukaan terlihat kotor cukup dengan dipel dengan air, tidak perlu menggunakan bahan pembersih lantai.

Tip memasang granit buatan
Memasang granit buatan tidak lebih sulit dibandingkan memasang keramik biasa, dan jauh lebih mudah ketimbang memasang granit atau marmer alam yang butuh perlakuan khusus sebelum dipasang. Dan yang pasti tidak perlu melakukan perendaman di dalam air seperti ritual yang biasa dilakukan tukang sebelum memasang ubin lantai keramik. Yang perlu diperhatikan adalah homogeneous tile tetap membutuhkan nat, walau kecil tetap ada toleransi presisi yang akan membuat pemasangan tidak bisa benar-benar rata. Selain itu, bagian tepi ubin ini juga tidak rata melainkan sedikit di bevel (dibuat miring). lebar nat yang disarankan adalah 2 mm, diukur dari badan ke badan ubin, bukan dari bevel-nya.

Nat ini lebih baik berupa grouting khusus yang banyak tersedia di pasaran. Bila semen putih yang akan digunakan sebagai pengisi nat, campurlah semen putih dengan polymer agar daya rekatnya lebih kuat.

Masalah lain yang juga dialami oleh homogeneous tile, adalah popping atau ubin terangkat. Penyebabnya bisa karenakesalahan pemasangan atau "pergerakan bangunan. Untuk mengatasinya, pada setiap ruang disediakan expansion joint, yaitu celah yang dapat menampug pergeseran ubin akibat muai susut atau pergerakan bangunan. Celah selebar sekitar 1 cm ini disediakan bahan yang fleksibel seperti karet, silikon, atau styroform. Agar tidak mengganggu "pemandangan", expansion joint ini umumnya dipasang pada pertemuan dinding dan lantai. Bisa juga celah ini dikamuflasekan pada peralihan warna lantai atau di antara 2 kolom.

Agar hasilnya rapi, simak langkah-langkah pemasangannya berikut ini:

  • Pastikan permukaan lantai rata sebelum mulai memasang ubin. Buat adukan semen dan pasir dengan perbandingan 1:3 atau 1:5.
  • Pasanglah kepingan ubin dengan adukan semen sebagaiperekatnya. Ketuk-ketuk sedikit agar kedudukan ubin lebih mantap.
  • Beri jarak sekitar 2 mm antara ubin yang satu dengan yang lain sebagai nat. isi nat ini dengan bahan pengisi nat khsusu. agar tampak rapi, pilih warna nat yang senada dengan warna ubin.
  • Ratakan nat dengan kape karet. kemudian, bersihkan sisa-sisa semen atau pengisi nat yang masih menempel pada permukaan ubin.

( referensi )