19.3.16

>> PILIHAN WARNA TEPAT UNTUK KAMAR TIDUR BAYI

Memilih warna yang tepat untuk kamar tidur bayi Anda dapat menjadi perjalanan yang sulit. Warna pastel merupakan pilihan warna yang paling direkomendasikan untuk bayi karena efeknya yang menenangkan. Tapi desain interior modern memberikan kita tren baru yang berbeda dari tema tradisional. Warna yang digunakan pada kamar bayi bisa ikut ambil bagian dalam usaha merangsang otak bayi. Jadi pilih warna yang bisa bekerja baik dengan seluruh rumah tapi juga baik untuk perkembangan anak.

Psikologi warna sekarang telah dinyatakan efektif dalam mempengaruhi seseorang. Anda jelas menginginkan yang terbaik untuk anak Anda, jadi pikirkan tentang efek dan bagaimana warna ini mempengaruhi pertumbuhan dan perilaku anak Anda. Anda dapat membantu perkembangan si kecil secara maksimal dengan cara memilih warna interior kamar tidur terbaik untuknya.

 Anda mendapatkan suasana yang nyaman dan intim dengan nuansa warna orange, merah, dan kuning yang hangat.  Selain mendapatkan suasana yang bahagia dan menyenangkan, tubuh juga jadi lebih segar dan aktif. Semua warna memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti ke tiga warna di atas, jika digunakan secara meluas, di malam hari anak-anak bisa jadi lebih aktif dan energik, jadi lebih baik memberikan sedikit saja warna ini di dalam kamar anak. Lukisan atau dekorasi bisa jadi pilihan yang tepat untuk memunculkan warna ini di dalam kamar anak sehingga tampil lebih seimbang.

Warna orange yang cerah dan menyenangkan

Warna orange yang hangat mewujudkan interaksi sosial yang lebih baik dan meningkatkan keinginan untuk berkomunikasi dan berbicara. Kekurangannya, warna ini dikenal juga bisa memberikan rasa sesak, jadi harus ada cukup banyak cahaya yang bisa mengimbanginya.


Merah untuk energi berapi-api

Warna merah bisa mengisi tubuh dengan energi yang meluap-luap. Frekuensi pernapasan dan jantung meningkat di dalam lingkungan warna merah. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan di dalam ruangan warna merah bisa menimbulkan sifat agresif dan penurunan fokus. Jadi gunakan sedikit saja warna merah untuk aksen di dalam kamar.


Kekuatan penyembuhan biru

Jika nada biru yang tidak tepat yang Anda pilih, warna biru benar-benar bisa membuat Anda feeling blue! Warna biru keabu-abuan yang cenderung bisa menghasilkan efek psikologis ini. Berlawanan dengan warna biru terang yang menghilangkan stres dan merangsang produktivitas. Warna ini juga tidak dianjurkan untuk anak yang sulit makan  karena bisa membuat nafsu makan berkurang. Memilih warna biru yang dingin, bisa membantu anak-anak yang menghilangkan rasa panas.


Pink untuk getaran feminin

Meskipun merah muda sering diidentikkan dengan perempuan, warna ini bisa juga bekerja bagus untuk kamar anak laki-laki. Ilmuwan telah mengamati aktivitas anak-anak dimasukkan ke dalam ruang hukuman di San Bernardino County Probation Department di California dan menyaksikan sikap kekerasan mereka menurun ketika tinggal di kamar yang berwarna pink.

Warna itu sendiri memancarkan perasaan lebih tenang dan sensitif. Kamar anak laki-laki bisa diberi warna pink yang halus dan tak terlalu kentara. Tapi ingat bahwa terlalu banyak warna pink bisa memunculkan perasaan cemas.


Kuning

Terang dan happy, warna matahari ini dikenal sebagai warna yang bisa membawa cahaya dalam setiap ruangan. Tapi menggunakan warna ini terlalu banyak dalam ruangan bisa membuat bayi Anda menangis lagi! Hal ini terjadi karena intellectual activities dan muscle motion meningkat ketika dikelilingi oleh warna kuning, Gunakan warna kuning hanya sebagai aksen dekoratif. Warna kuning lembut lebih jadi pilihan yang tepat karena bisa memberikan efek menenangkan.


Aqua

Warna aqua yang tenang menurunkan tekanan darah, mencerahkan tubuh dan memurnikan pikiran. Unsur cahaya yang damai tapi jika terlalu banyak bisa melambatkan perkembangan anak.


Coklat

Coklat adalah warna alam dan jika digunakan dengan benar, baik coklat tua atau krem, menciptakan getaran hangat dan natural di dalam ruangan.


Gray

Nada netral cenderung mendorong emosi. Warna ini sangat baik dikombinasikan dengan aksen berani dan dekoratif, jadi jangan ragu untuk menggunakan ini nada down to earth ini.


Hijau

Hijau melambangkan alam  dapat menciptakan lingkungan yang tenang dan menenangkan. Dikaitkan dengan kesehatan, penyembuhan dan kesejahteraan, hijau memiliki efek menenangkan pada tubuh dan pikiran, mengurangi kecemasan dan meningkatkan konsentrasi. Paparan warna hijau bahkan dapat meningkatkan kemampuan membaca. Satu studi menemukan bahwa dengan meletakkan selembar kertas hijau transparan di atas teks,  kecepatan membaca dan pemahaman pelajar jadi lebih meningkat.


Ungu – misterius dan luxurious

Ungu telah lama dikaitkan dengan kemewahan. Ungu pastel, seperti lavenders dan lilac, lebih menenangkan dan tenang namun masih memiliki nuansa mewah. Seperti dalam kasus orang dewasa, penelitian telah menunjukkan bahwa bayi benar-benar menyukai warna ungu lebih dari warna lain.


Putih

Putih membawa harapan, energi, dan kekuatan konversi. Warna ini paling baik digunakan dalam kombinasi dengan warna lain.

Kesimpulan:
Sementara ilmu pengetahuan dan studi bisa memberikan saran yang berguna, perlu diingat bahwa respon setiap individu bisa sangat berbeda. Anda mungkin merasakan perbedaan tentang warna berdasarkan preferensi budaya dan pribadi Anda sendiri. Jika anak kecil Anda menyukai warna merah, jangan khawatir tentang negatif. Otak dirancang untuk mengidentifikasi apa yang dibutuhkan dan disukai dan akan membimbing kita untuk mengikuti arah. Dengan kata lain, jika bayi Anda senang, otaknya senang juga.
( sumber )