25.3.16

>> TIPS MEMILIH FURNITUR UNTUK PELENGKAP KAMAR MANDI


Kamar Mandi merupakan salah satu ruang yang memerlukan furnitur di dalamnya. Seperti yang kita ketahui fungsi kamar mandi sebagai tempat untuk membersihkan badan dari kotoran sehingga tentu saja aspek kebersihan dan kenyamanan menjadi salah satu faktor penting yang wajib diperhatikan apabila menggunakan ruang yang satu ini.

Untuk faktor higienis, sebaiknya memperhatikan bahan dan material yang digunakan agar kedap air, terutama lantai dan dinding sehingga mudah dibersihkan. Kamar mandi juga mudah menimbulkan aroma yang tidak sedap, sehingga setidaknya diperlukan ventilasi udara yang cukup memadai. Selain itu kamar mandi perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga bakteri dan kuman dapat cepat musnah.

Seperti juga faktor higienis, kenyamanan juga menjadi faktor yang tidak kalah pentingnya. Kamar mandi sebaiknya menggunakan warna-warna cerah sehingga kotoran yang tampak dapat segera langsung dibersihkan. Pada saat pemasangan furnitur harus diperhatikan dengan benar dan kokoh, baik cermin, wastafel, bathtub, kran dan pernak-perniknya sehingga pengguna merasa aman dan nyaman di area privasinya. Sebab kebersihan kamar mandi akan mencerminkan personal penggunanya.

Kamar mandi saat ini memiliki berbagai alternatif furnitur sebagai pelengkap manis kegiatan sehari-hari didalamnya. Kamar mandi sederhana terdiri atas closet dan bak mandi. Namun seiring perkembangan kamar mandi tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk mandi saja, kamar mandi menjadi zona nyaman untuk melepas kepenatan dan melarikan diri sejenak dari rutinitas.

Dari sinilah perubahan fungsi kamar mandi yang bergeser tercipta. Pergeseran itu cepat ditanggapi oleh para desainer dengan memberikan sentuhan menarik di setiap aspeknya. Seperti kamar mandi sekaligus berfungsi sebagai tempat ganti atau sekaligus tempat berhias diri. Dengan fungsi yang berubah maka perlu dipisahkan antara wilayah kering dan basah.

Penggunaan material dan bahan yang bermutu serta berbagai motif dan gaya desain yang sesuai tentu akan menciptakan sensasi sendiri ketika membersihkan diri. Tidak hanya pemisahan wilayah, menentukan furnitur atau pernak-pernik yang akan menghiasi kamar mandi juga memerlukan keserasian. Sebaiknya pula menggunakan bahan dan material yang kokoh dan bermutu, misalnya saja penggunaan pintu dari kayu sebaiknya dipilih kayu yang tidak mudah rusak karena rayap. Pemilihan kran air yang tidak mudah berkarat dapat menjadi salah satu pertimbangan sebelum memasang atribut kamar mandi.

Kamar mandi sebagai tempat untuk relaksasi dan privat, dapat menjadi pilihan tentunya setelah mementukan konsep desain secara keseluruhan dan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Pengguna harus merasa nyaman apabila menginginkan kamar mandi sebagai pilihan pas untuk melepas lelah dan bersantai sejenak.

Ada beberapa konsep yang dapat dicoba antara lain konsep natural tropis. Pemilihan material dan bahan serta warna akan sangat menentukan kesan tersebut. Warna seperti brown, beige, dan dark brown serta warna soft memberikan kesan natural. Beberapa tanaman tropis dapat diletakkan pada pot-pot kecil atau vas dan bisa diletakkan dekat wastafel atau di salah satu sudut ruangan. Tanaman tropis seperti daun filo, anggrek, ficus, bambu dan pakis-pakisan merupakan tumbuhan yang dapat bertahan di tempat yang lembab dan tidak membutuhkanbanyak cahaya matahari namun dapat tumbuh lebih baik. Hal ini akan menambah hidup ruangan yang dianggap paling privasi.

Bisa memiliki bathtub, kenikmatan untuk relaksasi dapat bertambah apalagi sambil mendengarkan gemericik air dan sentuhan semilir angin yang berhembus melalui jendela. Sungguh nyaman dan membuat pikiran rileks sejenak.

Konsep minimalis juga dapat diterapkan pada kamar mandi dengan menampilkan beberapa kabinet dan storage yang desainnya simpel atau sederhana, tanpa orname, praktis serta fungsional. Walaupun kamar mandi, kesan clean dan sleek tetap terjaga. Penempatan cermin yang lebar dapat memberikan kesan lebih luas apabila memiliki kamar mandi dengan ukuran yang sedang atau kecil.

Konsep modern juga seringkali menjadi acuan bagi pemilik rumah untuk menciptakan kenyamanan di area privatnya. Dengan berbagai perabot yang menyatu dengan dinding serta pemilihan warna yang tajam, kuat, sophisticated dan elegan, kesan modernitas dapat tercipta.

Kamar mandi dengan berbagai perlengkapannya untuk memenuhi kebutuhan selera seperti beberapa storage atau kabinet, perlengkapan handuk, wastafel, kloset, shower serta penunjangnya seperti handuk, peralatan mandi mulai sabun, sikat gigi, shampo, dan lain-lain dengan berbagai unsur dekoratif hendaknya dipadukan sehingga menjadi suatu kesatuan yang harmonis, serasi dan seimbang. Bila kamar mandi memiliki wilayah terpisah antara kering dan basah, penggunaan karpet di area tertentu dan dengan warna senada akan memberikan sentuhan aksentuasi tersendiri. Peletakan karpet dapat dilakukan di dekat wastafel, closet atau dekat bathtub. Tak ada salahnya pula bila pemilihan warna karpet menggunakan warna-warna yang mencolok seperti merah, biru, hijau, selama warna tersebut masih cocok dan sesuai dengan konsep kamar mandi yang dirancang.

Setelah bereksplorasi denga berbagai konsep desain, bahan, material, dan furnitur pelengkapny, kini saatnya sentuhan keindahan tersebut diaplikasikan sehingga rituak mandi Anda menjadi penuh sensasi dan menyenangkan.
( referensi )